REKOMENDASI BAYKE DIAN NUGRAHA (PAKAR KESEHATAN REPRODUKSI)

Minggu, 25 Maret 2012

5 Tips Agar Gigitan Nyamuk tak Berbekas


Gigitan nyamuk tak jarang menimbulkan bekas dan gatal. Bekas gigitan serangga pengisap darah ini jika digaruk akan meninggalkan luka pada kulit, bisa juga menjadi infeksi. Nyamuk selalu dapat menemukan sasarannya dengan tepat karena mereka melihat dengan gerakan, panas tubuh, dan bau tubuh.

Berikut sejumlah hal yang bisa Anda lakukan untuk mengindarkan diri dari infeksi akibat gigitan nyamuk, seperti yang dilansir eHow.com:

1. Bersihkan area gigitan nyamuk dengan sabun dan air untuk membuang kotoran dan kuman.

2. Hindari menggaruk bekas gigitan nyamuk. Kulit yang terluka akibat garukan akan membuat kuman masuk dan dengan mudah menginfeksinya.

3. Cobalah gunakan krim hidrokortison atau antihistamin oral jika Anda membutuhkan sesuatu untuk menghentikan rasa gatal pada kulit bekas gigitan, sehingga Anda tak tergoda untuk menggaruknya.

4. Pastikan kuku tangan Anda terpotong pendek. Jika Anda menggaruk bekas gigitan nyamuk, kuku yang pendek akan ‘menyelamatkan’ kulit dari luka.

5. Cucilah area yang terinfeksi secara teratur dengan sabun dan air, aplikasikan kompres hangat untuk membantu menyembuhkan infeksi. Cairan hidrogen peroksida dapat membantu memerangi infeksi. Penggunaan hidrogen peroksida dan mencuci area gigitan secara teratur tidak akan menyembuhkan infeksi dengan segera.(go4healthylife/Wtr1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar